apa bermanfaat bagi anda..?

Senin, 09 April 2012

rangkain membuat sirene polisi ...

Berikut ini Gambar skema Rangkaian Sirine Mobil Polisi Sederhana beserta komponen dan cara pembuatannya
Sirine pada mobil patroli polisi dan ambulance pada dasarnya menggunakan rangkaian elektronika yang dihubungkan pada arus DC. Bila saklar ditekan, seketika keluar bunyi sirine.
Bagi Anda yang memiliki mobil, bisa membuat sirine serupa. Penempatannya pun sangat praktis. Dan bila menghendaki lampu kerdip sekalian, bisa dikembangkan. Seiring dengan suara sirine, lampu akan menyala dan berkedip.
Rangkaian klakson di bawah ini menggunakan banyak transistor dan lampu. Begitu suara sirine bergelombang maka lampu pun berkedip mengelilinginya.
Berhubung tidak menggunakan trafo IT dan OT maka tidak perlu memakai potensiometer. Meskipun demikian suaranya sudah bernada tinggi dan gelombang sirine teratur.
Rangkaian Sirine Mobil Polisi Sederhana aplikatif  Sirine Mobil Polisi Rangkaian Sirine Mobil Polisi Sederhana Rangkaian Sirine Mobil Polisi Gambar Skema Rangkaian Sirine Mobil Polisi Gambar Skema Rangkaian Sirine Mobil Polisi
Komponen yang diperlukan :
C1      =  Elco berkapasitas 100uF
C2     =   Kondensator keramik 200nF
C3     =   Elco berkapasitas 0,1uF
Tr1, Tr3, Tr4, Tr6    =   PNP 2SB54
Tr2, Tr5    =   PNP  2SB178/OC178
R1, R4      =   220 Ohm
R2, R5     =  20 Ohm
R3, R6     =   270 Ohm
R7, R9     =   1 Kilo Ohm
R8, R10   =  470 Ohm
Ls               =  Loudspeaker berkekuatan 8 Ohm
S                 =  Saklar On-Off
B                 =  Baterrei (sumber tegangan) sebesar 9 volt
Lam          =  Lampu sebasar 9 volt.
Ingat, demi baiknya dan berhasil uji coba maka ketika memasang transistor hendaknya memperlihatkan kode serinya karena ada jenis kode seri. Jangan asal pasang karena berdampak tidak bisa berbunyi.
Setelah semua komponen terpasang, maka diuji dahulu menggunakan baterei sebanyak 6 buah. Nyalakan (tekan) saklar. Seketika bersama dengan kerdipan lampu terdengar bunyi raungan sirine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

daftar dulu,,